Seleksi Tahap 1 Calon Delegasi Pendidikan Kota Surabaya ke Luar Negeri Berhasil Dilaksanakan

Pemerintah Kota Surabaya telah melaksanakan kerjasama sister city dengan beberapa kota besar di luar negeri. Kerjasama yang dilakukan berjalan dengan sangat baik di berbagai bidang, terutama dalam bidang pendidikan. Program pertukaran delegasi pendidikan merupakan suatu bentuk realisasi kerjasama sister city di bidang pendidikan. Kegiatan yang dilakukan selama program pertukaran meliputi pertukaran kebudayaan dan pendidikan serta mengikuti program homestay family di masing-masing kota.

Pertukaran delegasi pendidikan dengan Kota Kochi di Jepang telah dilakukan sejak tahun 2006 dan dengan Kota Busan di Republik Korea sejak tahun 2007. Untuk tahun 2018, Pemerintah Kota Surabaya telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pengiriman delegasi ke Kota Busan dengan jumlah delegasi 18 orang yang akan dilaksanakan pada bulan Juli, menyesuaikan dengan konfirmasi penerimaan dari sister city.

Pemerintah Kota Surabaya, melalui Bagian Administrasi Kerjasama mengadakan proses seleksi yang terdiri atas beberapa tahap untuk menentukan delegasi pendidikan yang akan dikirimkan untuk mengikuti program pertukaran tersebut.  Kegiatan seleksi diharapkan dapat menyaring kandidat yang berkualitas baik secara kemampuan umum, kemampuan beradaptasi dan secara psikologis. Seleksi tahap pertama terdiri atas tes potensi akademik (TPA), psikologi, dan tes bahasa Inggris dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, yaitu Pusat Bahasa dan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya. Seleksi tahap 1 calon delegasi pendidikan Kota Surabaya ke luar negeri telah berhasil diselenggarakan pada 14-15 Maret di Universitas Airlangga. Sebanyak 122 siswa berasal dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Surabaya hadir sebagai peserta seleksi ini. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi tahap ini kemudian akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published.