Mudahnya Pengelolaan Data Kerjasama Menggunakan Aplikasi E-Kerjasama

Pada tahun 2018, Bagian Administrasi Kerjasama telah membangun sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) yaitu E-Kerjasama. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pengelolaan data kerjasama di Bagian Administrasi Kerjasama. Aplikasi SIM E-Kerjasama digunakan untuk mencatat, memantau, dan mengetahui laporan statistik kerjasama. Selain digunakan oleh Bagian Administrasi Kerjasama Kota Surabaya, aplikasi SIM E-Kerjasama juga dibuka kepada Perangkat Daerah di Pemerintah Kota Surabaya yang terlibat dalam kerjasama yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Surabaya. Perangkat Daerah dapat memantau kerjasama apa saja yang melibatkannya, melaporkan tindak lanjut kerjasama dengan mitra yang telah dilakukan, dan melihat laporan statistik kerjasama untuk masing-masing Perangkat Daerah.

Aplikasi E-Kerjasama ini dapat diakses melalui link https://ekerjasama.surabaya.go.id/. Seiiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2021 dilakukan pengembangan berupaan refactoring terhadap aplikasi SIM E-Kerjasama. Refactoring merupakan langkah untuk membersihkan code sehingga dapat meminimalkan peluang munculnya software defect (bug) pada aplikasi SIM E-Kerjasama. Refactoring ini dilakukan agar performa aplikasi dan struktur internal dari perangkat lunak dapat meningkat. Refactoring ini juga dapat mempermudah kedepannya saat melakukan perubahan dan pengembangan fitur aplikasi.

Pengembangan kedua yang dilakukan yaitu dengan melakukan redesign terhadap tampilan desain antarmuka aplikasi SIM E-Kerjasama. Redesign ini perlu dilakukan agar tampilan aplikasi lebih mudah dipahami oleh pengguna, lebih menarik dan informatif. Dengan adanya pengembangan di tahap II ini diharapkan pengelolaan kerjasama dapat dilakukan dengan lebih akurat, terstandarisasi dan terukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.