Kegiatan Delegasi Youth Exchange Program dari Busan di Surabaya

Presentasi tentang Climate Change

Kota Surabaya telah menjalin kerjasama kota kembar dengan Kota Busan sejak tahun 1994. Hubungan antara kedua kota tersebut dipererat dengan melakukan beberapa kegiatan yang tidak hanya diikuti oleh pihak pemerintah tetapi juga oleh masyarakat di kedua kota tersebut. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam bidang pendidikan adalah program pertukaran pelajar yang dilaksanakan secara rutin.

Pemerintah Kota Surabaya, melalui Bagian Administrasi Kerjasama, menerima delegasi Kota Busan untuk Youth Exchange Program pada 18-24 Februari 2018. Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari tersebut bermaskud untuk memperkenalkan sistem pendidikan, potensi kebudayaan dan pariwisata Kota Surabaya kepada para delegasi. Pengenalan mengenai sistem pendidikan di Kota Surabaya dilakukan dengan berkunjung ke Dinas Pendidikan dan beberapa institusi pendidikan, seperti SMP Al-Hikmah, SMP Ciputra, SMPN 3 dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Adapun dalam kunjungan tersebut para delegasi berpartisipasi dalam kegiatan cooking class, pertunjukan kesenian, melukis wayang, diskusi terkait climate change, pengenalan tokoh-tokoh nasional, urban farming, pengenalan permainan tradisional dan anak-anak yang dimiliki oleh sekolah-sekolah tersebut.

Untuk memperkenalkan pariwisata dan keberagaman budaya yang ada di Kota Surabaya, para delegasi berkunjung ke beberapa tempat, di antaranya adalah Rumah Bahasa guna mengikuti pelatihan bahasa dan budaya; Siola guna mengikuti pelatihan pembuatan handycraft berbahan dasar eceng gondok; dan kegaitan pariwisata dilakukan dengan berkunjung ke Masjid Cheng-Hoo, Dewi Kwan-In di Taman Rekrasi Kenjeran, Pura di Perak, serta Gereja Perawan Tak Berdosa. Selama di Surabaya, delegasi tinggal di rumah warga yang bersedia mejadi host family. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung kebudayaan dan keramahan masyarakat Surabaya serta pola asuh dan pendidikan dalam keluarga. Kegiatan ditutup dengan penampilan kebudayaan di Balai Budaya yang dihadiri oleh 500 orang. Penampilan kebudayaan tersebut menyuguhkan pertunjukan kesenian oleh pelajar dari SMP Negeri 3, SMP Negeri 1, SMP Negeri 6, SMP Ciputra, pelajar dan alumni delegasi pendidikan yang dikirim ke kota Busanpada tahun 2017, serta penampilan dari delegasi Busan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.