Pemerintah Kota Surabaya Terima Tamu dari Seattle-Surabaya Sister City Association

Foto bersama delegasi SSSCA

Kerjasama sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Seattle telah terjalin sejak tahun 1992 dengan bidang kerjasama mencakup: (1) manajemen perkotaan; (2) manajemen pelabuhan; (3) perlindungan lingkungan hidup; (4) pendidikan; (5) kesenian dan kebudayaan; (6) IPTEK;  dan (7) pengembangan dunia usaha. Pada tahun yang sama, Seattle-Surabaya Sister City Association (SSSCA) dibentuk untuk memfasilitasi pertukaran kerjasama antara kedua kota.

Delegasi dari SSSCA berkunjung ke Bagian Administrasi Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya pada 21 Maret 2018 untuk membicarakan revitalisasi dan tindak lanjut kerjasama sister city Surabaya-Seattle. Kehadiran SSSCA juga dilakukan untuk memperkenalkan struktur dan pengurus baru dari organisasi tersebut. Pertemuan tersebut memfasilitasi terjadinya pertukaran informasi antara kedua pihak terkait diaspora masyarakat Indonesia di Seattle dan kegiatan rutin yang difasilitasi SSSCA untuk mempromosikan hasil kesenian dan kebudayaan masyarakat Jawa Timur dalam bentuk pameran; penyampaikan undangan Pemerintah Kota Surabaya kepada Walikota Seattle dalam kegiatan internasional tahunan yang diselenggarakan di Kota Surabaya; rencana pengembangan kerjasama bidang pendidikan dan pendidikan olahraga melalui pertukaran pelatih atau atlet dan coaching clinic untuk meningkatkan prestasi olahraga dan profesionalisme khususnya untuk cabang olahraga basket; dan koordinasi yang akan dilakukan SSSCA dan Pemerintah Kota Seattle dengan KJRI San Fransisco mengenai potensi kerjasama dari bidang-bidang yang telah disepakati sebelumnya.

Pertemuan tersebut diharapkan mampu merevitalisasi kerjasama sister city antara Surabaya dengan Seattle yang melibatkan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.